Minggu, 11 November 2012

PROMOSI DAN PEMASARAN BERETIKA


TUGAS 3

Promosi adalah upaya untuk memmberitahukan atau menawarkan produk/jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan secara mendalam dalam mempromosikan produk yang akan perusahaan tawarkan. Karena, promosi sendiri berfungsi bukan saja untuk meningkatkan penjualan, melainkan untuk memperkenalkan dan mengingatkan produk kita kepada masyarakat. Untuk itulah, perlu diperhatikan bagaimana kita mengemas promosi kita dengan baik, media apa yang cocok untuk kita pilih sebagai penyalur informasi produk yang akan kita tawarkan, dan dengan cara seperti apa agar promosi yang kita lakukan dapat menarik perhatiaan masyarakat.
langkah umum yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam melakukan promosi adalah dengan cara beriklan. Iklan memiliki beberapa benatuk bentuk, bentuk printed media seperti: koran, flyer, poster, dan lain sebagainya. bentuk iklan yang lain juga seperti media Billboard, Mini Billboard, iklan di TV, radio, dan internet juga merupakan salah satu bentuk iklan yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan penjual barang atau jasa. sesuai perkembangan jaman, saat ini internet memegang peranan penting dalam pembentukan opini masyarakat, dikarenakan lebih banyak segmen market saat ini yang menggunakan internet (baik itu social media, blog, web portal, dan lain sebagainya).
Hal-hal yang tidak etis dilakukan dalam kegiatan periklanan adalah: pertama dengan membohongi di mana satu iklan mengatakan sesuatu yang tidak benar dengan sengaja, lalu kedua adalah menyesatkan atau menjerumuskan konsumen dalam promo yang tidak benar dan terlalu banyak persyaratan dan kondisi khusus, ketiga adalah menipu publik dengan mengatakan yang tidak benar tentang produk atau jasa yaitu dengan mengada-adakan promosi yang ternyata tidak ada.
Dalam dunia periklanan Indonesia, terdapat beberapa asas umum yang perlu diperhatikan, antara lain:
1.      Jujur, bertanggungjawab, dan tidak bertentangan dengan hukum Negara
2.      Sejalan dengan nilai-nilai sosial budaya
3.      Mendorong persaingan namun dengan cara yang adil dan sehat
Contohnya adalah iklan shampo yang berlebihan dalam memberi informasi tentang hasil dari pemakaian shampoo tersebut, digambarkan dengan rambut yang sangat kuat dan bisa untuk memukul penjahat sampai penjahat tersebut pingsan. Itu aadalah contoh iklan yang berlebihan dalam menginformasikan kegunaan produknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar