Selasa, 06 November 2012

IKLAN DAN DIMENSI ETISNYA



Fungsi iklan adalah untuk menjelaskan perihal produk yang ingin dipasarkan, dimana iklan tersebut berisi bujukan agar orang mau mebeli produk/jasa yang ditawarkan. Dari iklan inilah konsumen atau calon konsumen tahu tentang produk yang di iklankan tersebut, maka iklan memiliki  kode etis yang seharusnya dipahami dan dijalankan. Kode etis dalam iklan seperti:

1.      Tidak berbohong atau mengatakan sesuatu yang tidak benar dengan sengaja tentang produ/jasa yang ditawarkan
2.      Iklan tidak menjerumuskan dengan memeberi informasi palsu
3.      Tidaak memanipulasi iklan, seperti melebih-lebihkan kemampuan produk, menuatu kelemahan produk
Untuk itulah, pengusaha haruslah berpikir cerdik untuk membuat iklan yang dapat menarik minat konsumen namun tidak dengan berbohong, maka ada prinsip-prinsip iklan yang harus diperhatikan, yaitu :
1.      Artistik
Bernilai seni, sehingga memiliki daya tarik khalayak
2.      Estetis
Berkaitan dengan kelayakan ( target pasarnya, untuk kalangan kosumen seperti apa, kapan waktu yang cocok untuk ditayangkan, dsb. )
3.      Etis
Berkaitan dengan kepantasan ( mengikuti norma-norma yang berlaku )

Banyak contoh-contoh iklan yang belum mengerti kode etik dalam mengiklankan produknya, misalnya saja iklan operator selular, banyak iklan operator salular yang menjanjikan banyak bonus bagi penggunanya, tetapi sebenarnya banyak ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan dan menggunakan bonus-bonus tersebut. 

1 komentar:

  1. Review of the UK's Best Online Casino Site - LuckyClub
    Here is a comprehensive review of the UK's Best Online Casino luckyclub Site. We cover the top casino sites, live roulette, blackjack, bingo,

    BalasHapus