Fungsi
iklan adalah untuk menjelaskan perihal produk yang ingin dipasarkan, dimana
iklan tersebut berisi bujukan agar orang mau mebeli produk/jasa yang
ditawarkan. Dari iklan inilah konsumen atau calon konsumen tahu tentang produk
yang di iklankan tersebut, maka iklan memiliki
kode etis yang seharusnya dipahami dan dijalankan. Kode etis dalam iklan
seperti:
1. Tidak
berbohong atau mengatakan sesuatu yang tidak benar dengan sengaja tentang
produ/jasa yang ditawarkan
2. Iklan
tidak menjerumuskan dengan memeberi informasi palsu
3. Tidaak
memanipulasi iklan, seperti melebih-lebihkan kemampuan produk, menuatu
kelemahan produk
Untuk
itulah, pengusaha haruslah berpikir cerdik untuk membuat iklan yang dapat
menarik minat konsumen namun tidak dengan berbohong, maka ada prinsip-prinsip
iklan yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Artistik
Bernilai
seni, sehingga memiliki daya tarik khalayak
2. Estetis
Berkaitan
dengan kelayakan ( target pasarnya, untuk kalangan kosumen seperti apa, kapan
waktu yang cocok untuk ditayangkan, dsb. )
3. Etis
Berkaitan
dengan kepantasan ( mengikuti norma-norma yang berlaku )
Banyak contoh-contoh iklan yang belum mengerti kode etik dalam mengiklankan produknya, misalnya saja iklan operator selular, banyak iklan operator salular yang menjanjikan banyak bonus bagi penggunanya, tetapi sebenarnya banyak ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan dan menggunakan bonus-bonus tersebut.
Review of the UK's Best Online Casino Site - LuckyClub
BalasHapusHere is a comprehensive review of the UK's Best Online Casino luckyclub Site. We cover the top casino sites, live roulette, blackjack, bingo,