Selasa, 30 Oktober 2012

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN



Dalam menjalankan bisnis, perusahaan diharapkan/dituntut untuk memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pihak yang berkepentingan dengan perusahaan baik pihak internal maupun eksternal. Yang harus diperhatikan perusahaan di sisi pihak internal perusahaan adalah seperti masalah kesejahteraan karyawan, masalah kondisi kerja, masalah desain pekerjaan, dan lain-lain. Sedangkan disisi eksternal, perusahaan harus memperhatikan masalah yang berkaitan dengan isu lingkungan, ketenagakerjaan, produk, pemasaran, pemasuk, dan masyarakat.
1.      Syarat bagi tanggung jawab moral
Ada tiga syarat bagi tanggung jawab moral, yaitu :
a.       Tanggung jawab mengendalikan tindakan dilakukan dengan sadar/tahu
Tanggung jawab mengendalikan bahwa suatu tindakan dilakukan dengan sadar dan tahu, karena hanya tindakan yang dilakukan dengan sadar dan tahu yang dapat dipertanggung jawabkan.
b.      Tanggung jawab mengendalikan adanaya kebebasan
Tindakan yang dilakukan dalam keadaan bebas (tidak terpaksa/di paksa) melakukan suatu tindakan dapat dikatakan relevan dan bias dipertanggung jawabkan
c.       Tanggung jawab mensyaratkan kemauan
Tanggung jawab mensyaratkan kemauan atas tindakan yang dilakukan .

2.      Lingkup tanggung jawab sosial
Tanggung jawab sosial perusahaan mencakup bagaimana perusahaan bertanggung jawab pada perlindungan buruh, perlingkungan lingkungan hidup, perlindungan konsumen, dan perlindungan hak azasi manusia secara keseluruhan.
Tanggung jawab sosial perusahaan dan masyarakat atau yang biasa disebut CSR (Corporate Sosial Responsibility) merupakan komitmen bisnis untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan para karyawan perusahaan, keluarga karyawan tersebut, berikut komunitas setempat dan komunitas secara keseluruhan, dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan.
Adapun lingkup tanggung jawab sosial adalah:

a.       Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas
b.      Keuntungan ekonomis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar