Senin, 15 Oktober 2012

ETIKA BISNIS DALAM BERBISNIS


TUGAS 1 

Etika bisinis adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh semua pelaku-pelaku bisnis, dimana etika bisnis merupakan aturan-aturan atau norma-norma yang berlaku dan harus dipatuhi dalam menjalankan bisnis disebuah perusahaan. Jika peraturan tersebut dilanggar atau di jalankan semestinya, maka aka nada sanksi atau masalah yang akan timbul di kemudian hari.
Maka dari itu, etika bisnis merupakan hal yang penting untuk seorang manager. Etika bisnis dapat dikatakaan penting karena etika bisnis berhubungan dengan banyak hal didalamnya, seperti hubungannya dengan antar perusahaan, konsumen, pegawai, kreditur, dan pesaing. Jika seorang manager dapat menguasai dan mengendalikan hubungan-hubungan tersebut, maka nama baik perusahaan yang ia pimpin akan baik, namun jika tidak dikuasai dan dikendalikan dengan baik, maka akan menjadi kendala yang sangat menyulitkan bagi perusahaan.
Saya bekerja di sebuah perusahaan swasta di bagian Adm. Personalia, saya memiliki manager yang menurut saya sangat memperhatikan etika-Nya sebagai Manager Personalia. Karena menurutnya, Seorang pemimpin merupakan panutan bagi bawahannya, terlebih ia adalah seorang manager yang ruang lingkupnya berhubungan langsung dengan karyawan di perusahaannya. Dia merasa harus mengerti apa yang menjadi kebutuhan karyawannya. Oleh karena itu, ia belajar untuk bagaimana menjadi seorang pemimpin yang mampu membaur dengan karyawannya dan memberikan motivasi kepada mereka dalam melakukan pekerjaannya.
Itu adalah contoh bagaimana seorang manager dalam melakukan pendekatan terhadap karyawannya. Dengan etika sebagai pemimpin yang sederhana dan supel, ia dapat menarik simpati karyawannya. Dan dari sinilah, manager tersebut dapat dihormati dan memiliki nama baik yang disegani oleh karyawan-karyawanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar