TUGAS 2
Tanggung
jawab sosial perusahaan adalah tanggung jawab moral perusahaan terhadap
masyarakat, dimana tanggung jawab tersebut merupakan komitmen bisnis dari sebuah
perusahaan kepada kelompok individu dalam lingkungannya yang meliputi konsumen,
karyawan, investor, pemasok, dan komunitas lokal.
Tanggung
jawab terhadap konsumen wajib diterapkan oleh semua perusahaan, baik perusahaan
kecil sampai perusahaan besar. Selain dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang
besar, tanggung jawab terhadap konsumen penting dilakukan dengan tujuan agar dapat
menjalin hubungan yang baik dan harmonis terhadap konsumen, sehingga konsumen
tersebut merasa puas dan merasa dihargai oleh perusahaan. Dengan kondisi
demikian, maka nama baik perusahaan-pun akan menjadi baik, sehingga membuat
kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan perusahaan menjadi
meningkat. Dan kemudian akan menghasilkan kesetiaan konsumen terhadap produk
yang dihasilkan perusahaan.
1.
Tanggung jawab perusahaan terhadap
konsumen, terkait dengan :
A. Tanggung
Jawab Produksi
Produk
harus harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamata pelanggan,
B. Tanggung
Jawab Penjualan
Perusahaan
tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu aggressive atau iklan yang
menyesatkan. Perusahaan harus memperhatikan kode etik dalam beriklan maupun
dalam informasi produk, juga menghindari potensi salah interpretasi.
C. Hak-hak
Konsumen
·
Hak atas produk yang aman
·
Hak untuk mengetahui seluruh aspek
produk
·
Hak untuk didengar
·
Hak untuk memilih produk yang disukai
·
Hak memperoleh informasi pembelian yang
benar, dan
·
Hak memperoleh pelayanan yang baik
D. Penetapan
Harga
Perusahaan
harus menetapkan harga yang wajar pada produknya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar