Senin, 15 Oktober 2012

TANGGUNG JAWAB SOSIAL


TUGAS 2

Tanggung jawab sosial perusahaan adalah tanggung jawab moral perusahaan terhadap masyarakat, dimana tanggung jawab tersebut merupakan komitmen bisnis dari sebuah perusahaan kepada kelompok individu dalam lingkungannya yang meliputi konsumen, karyawan, investor, pemasok, dan komunitas lokal.
Tanggung jawab terhadap konsumen wajib diterapkan oleh semua perusahaan, baik perusahaan kecil sampai perusahaan besar. Selain dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang besar, tanggung jawab terhadap konsumen penting dilakukan dengan tujuan agar dapat menjalin hubungan yang baik dan harmonis terhadap konsumen, sehingga konsumen tersebut merasa puas dan merasa dihargai oleh perusahaan. Dengan kondisi demikian, maka nama baik perusahaan-pun akan menjadi baik, sehingga membuat kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan perusahaan menjadi meningkat. Dan kemudian akan menghasilkan kesetiaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan perusahaan.
1.      Tanggung jawab perusahaan terhadap konsumen, terkait dengan :
A.    Tanggung Jawab Produksi
Produk harus harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamata pelanggan,
B.     Tanggung Jawab Penjualan
Perusahaan tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu aggressive atau iklan yang menyesatkan. Perusahaan harus memperhatikan kode etik dalam beriklan maupun dalam informasi produk, juga menghindari potensi salah interpretasi.
C.     Hak-hak Konsumen
·         Hak atas produk yang aman
·         Hak untuk mengetahui seluruh aspek produk
·         Hak untuk didengar
·         Hak untuk memilih produk yang disukai
·         Hak memperoleh informasi pembelian yang benar, dan
·         Hak memperoleh pelayanan yang baik
D.    Penetapan Harga
Perusahaan harus menetapkan harga yang wajar pada produknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar