Minggu, 09 Oktober 2011

Faktor Utama Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian

Para konsumen membuat keputusan tidak dalam sebuah tempat yang terisolasi dari lingkungan sekitar. perilaku pembelian mereka sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis.

a.      Faktor budaya
Faktor budaya yang memiliki pengaruh luas dan mendalam terhadap perilaku budaya ini terdiridari beberapa komponen:
·         Budaya adalah penentu keinginan dan perilaku yang paling mendasar. Jika makhlik yang lebih rendah perilakunya sebagian besar diatur oleh naluri, maka perilaku manusia sebagianbesar muncul dari pembelajaran.
·         Subbudaya setiap budaya terdiri dari subbudaya yang lebih kecil yang memberikan lebih banyak cirri-ciri dab sosialisasi khusus anggota-anggotanya. Subbudaya terdiri dari bangsa, agama, kelompokk, ras dandaerah geografis. Banyak subbudaya yang membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
·         Kelas social adalah sebuah kelompok yang relative lebih homogeny dan bertahan lama dalam sebuah masyarakat, yang tersusun dalam sebuah urutan hierarki. Para anggota dalam setiap jenjang tersebut memiliki nilai, minat, dan tingkah laku yang sama.

b.       Faktor social
Perilaku seorang konsumen juga dipengaruhi oleh factor-faktor social, seperti kelompok acuan, keluarga
·         Kelompok acuan seseorang terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung (melalui tatap muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut
·         Keluarga adalah organisasi (kelompok kecil pembeli) yang paling penting dalam masyarakat. Anggota keluarga merupakan kelompok acuan primer yang paling berpengaruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar