Rabu, 12 Oktober 2011

Desain Produk Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Dalam memilih produk, konsumen tentu saja akan di pengaruhi oleh desaindari produk. Desainproduk merupakan segala sesuatu yang melekat danmenyertai produk tersebut, seperti merek, bentuk, model, warna, kualitas dansebagainya. Deasinmerupakan salah satu unsur penting yang dapat mendorongkonsumen untuk membeli produk, semakin baik deasin atau modelnya produkmaka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli suatu produk tersebut.
Proses pengambilan keputusan pembelian suatu barang atau jasa akanmelibatkan berbagai pihak, sesuai dengan peran masing - masing. Peran yangdilakukan tersebut adalah :
1. Initiator, adalah individu yang mempunyai inisiatif pembelian barang tertentu.
2. Influencer, adalah individu yang berpengaruh terhadap keputusanpembelian. Informasi mengenai kriteria yang diberikan akandipertimbangkan baik secara sengaja atau tidak.
3. Decider, adalah yang memutuskan apakah akan membeli atau tidak, apa yang akan dibeli, bagaimana membelinya.
4. Buyer, adalah individu yang melakukan transaksi pembelian sesungguhnya.
5. User, yaitu individu yang mempergunakan produk atau jasa yang dibeli.(http://digilib.itb.ca.id/peminatan-manajemen-pemasaran.htm).

Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya.Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain,sehingga muncul istilah “perancangan proses”.

Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi.Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra(gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.

Desain Produk (product)

Desain Produk, atau dalam bahasa keilmuan disebut juga Desain Produk Industri, adalah sebuah bidang keilmuan atau profesi yang menentukanbentuk / form dari sebuah produk manufaktur, mengolah bentuk tersebut agarsesuai dengan pemakainya dan sesuai dengan kemampuan prosesproduksinya pada industry yang memproduksinya. Sebagai contoh : desainer produk mendesain kursi tidak hanya agar kursi tersebut tampak bagus, tetapi juga agar nyaman diduduki dan mudah untuk diproduksi.

Tujuan dasar dari segala upaya yang dilakukan oleh seorang/sebuah teamdesainer produk dalam kerjanya adalah untuk membuat hidup lebih nyaman,menyenangkan, dan efisien. Kursi kantor yang nyaman, pisau dapur yangnyaman dipakai oleh orang berusia lanjut dan mainan yang aman dimainkandan dapat merangsang anak-anak untuk belajar adalah contoh-contoh hasilkreasi para desainer produk yang dihasillkan dengan memperlajari manusiapada saat melakukan aktivitasnya dalam bekerja, di rumah, ataupun di laintempat. Dengan mempelajari bagian - bagian produk yang langsungberinteraksi dengan manusia pemakainya tersebut, diharapkan selain dapatdihasilkan produk - produk yang aman terhadap penggunanya juga amanterhadap lingkungan. Pada akhirnya dari sentuhan seorang / teamdesainer produk lahirlah sebuah produk yang elegant yang membuat masyarakat ingin membelinya
 

1 komentar:

  1. Membuat desain kemasan memang memusingkan, tapi anda tidak perlu repot lagi ada Jasa Desain Produk Berkualitas Sribu hasilnya unik dan menarik

    BalasHapus