ABSTRAKSI
Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar
Mahasiswa. Rumusan masalah yang dikemukakan adalah bagaimana konsep diri mampu mempengaruhi
motivasi belajar mahasiswa.
Adapun metode
pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah dari hasil
survei yakni penelitian dengan mengambil contoh atau sampel dari populasi yang
ada dengan menggunakan metode sample random sampling. Data diperoleh dari
kuisioner yang diisi oleh mahasiswa Universitas Gunadarma, kemudian data dari
hasil survei tersebut selanjutnya diolah dengan menggunakan program SPSS 11.5. Dengan
menggunakan metode kuantitatif, yaitu penganalisaan dalam bentuk angka, dalam
penulisan ini penulis menggunakan rumus-rumus statistik seperti Skala likert, uji
faliditas dan reliabilitas, regresi linier sederhana.
Berdasarkan
hasil yang diperoleh dalam pengolahan data kuesioner penelitian yang dibagikan
secara random kepada mahasiswa Universitas Gunadarma kampus J1 kalimalang,
dengan menggunakan software SPSS 11.0, diperoleh jumlah responden sebanyak 102
orang. Responden terbanyak dalam kelompok usia adalah responden berusia
rata-rata 21-24 tahun dengan jumlah 49 % atau 49 orang. Responden dengan
kelompok jenis kelamin didominasi oleh responden wanita, dengan jumlah 45,9 %
atau sama dengan 59 orang. Responden berdasarkan kelompok jenjang terbanyak
adalah jenjang S1 sebesar 70,6 % atau sama dengan 72 orang. Responden dalam
kelompok fakultas didominasi oleh responden fakultas ekonomi yaitu sebesar 48%
atau sama dengan 49 orang, sedangkan untuk Responden dengan kelompok kelas yang
dibagi dengan kelas pagi dan kelas malam, didominasi oleh responden kelas pagi
yaitu sebesar 84,3 % atau sama dengan 85 %.